Pondok Halimun Suka Bumi

Pondok Halimun

Berbicara tentang suatu daerah tidak terlepas ttg mitos atau legenda. Para peneliti percaya bahwa rangkaian gunung di TN Halimun yg terdiri dari tujuh puncak gunung yang memagari Halimun, yaitu Gunung Sanggabuana, Kencana, Botol, Pareang, Halimun Selatan, Pananjoan, dan Gunung Kendeng. Sedangkan gunung dengan puncaknya tertinggi yaitu Gunung Halimun Kaler (1.929 m) atau Halimun-2.

Jalan rusak adalah cara tak sengaja menghambat kerusakan hutan. Contoh konkretnya adalah jalan raya baru di Bontang-Sangatta yg hadir justru mempercepat kerusakan hutan di TN Kutai. Jadi “mitos” dan “jalan rusak” adalah beberapa cara yg paling efektif tak disengaja yg menyumbang kelestarian hutan di negeri kita tercinta ini.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari areal parkir, ada dua pilihan jalan untuk bisa sampai ke air terjun, melalui jalan menanjak +/- 1,5 km dengan menelusuri hutan atau buat yang lebih suka sante bisa melewati gugusan kebun teh dengan jalur yang relatif landai hanya saja jarak yang ditempun jauh lebi panjan +/- 2,5 km. Kebetulan karena keterbatasan waktu kami memilih untuk melewati jalur pendek. Pada perjalanan pertama kita akan menemukan sebuah tempat yang cukup luas dimana biasanya tempat ini dipakai untuk camping setelah itu barulah kita melewati jalan setapak. Dibeberapa bagian jalan terdapat tempat peristirahatan, untuk melepas lelah sejenak sambil menikmati air terjun dari kejauhan. Warung-warung penjual makanan juga tersedia, siap melayani dengan hidangan sederhana berupa mie rebus atau sekedar secangkir kopi susu panas.
Setibanya dilokasi, nampak jelas bahwa Curug ini berupa air terjun dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan warna hitam. Tipe air yang jatuh lebih bersifat percikan air yang langsung melimpah jatuh dari atas cukup deras. Hal ini pula yang menjadikan alasan kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak luas dan dalam, sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Letaknya yang terbuka, memungkinkan pengunjung untuk berada disisi kiri dan kanan dari air terjun.

Untuk albumnya bisa diliha disini

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    aiia said,

    gede-pangranggo , halimun . the best places . i like it !!!

  2. 2

    lamber said,

    edan nora

  3. 3

    itha said,

    sekarang bumi perkemahan pondok halimun tak terawat lagi…2 minggu yang lalu saya mengunjunginya saya liat wc umumnya kotor dan sampah berserakan tak ada tong sampahnya….


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: